Tuesday, June 26, 2012

Vas-Zenk



BANK UMUM


BANK UMUM
Dahulu adalah suatu badan usaha yang kegiatan utamanya menerima simpanan
dari masyarakat dan atau pihak lainnya, kemudian mengalokasikannya kembali
untuk memperoleh keuntungan serta menyediakan jasa jasa dalam lalu lintas pembayaran.          Fungsi-fungsi pokok bank umum :

a)      menyediakan mekanisme dan alat pembayaran yang lebih efisien dalam kegiatan  ekonomi.
b)      menciptakan uang melalui pembayaran kredit dan investasi.
c)      menghimpun dana dan menyalurkannya kepada masyarakat.
d)      menyediakan jasa jasa pengelolaan dana dan trust atau wali amanat kepada individu dan perusahaan.
e)      menyediakan fasilitas untuk perdagangan internasional.
f)        memberikan pelayanan peyimpanan untuk barang-barang berharga.
g)      menawarkan jasa jasa keuangan lain misalnya kartu kredit, cek perjalanan, ATM,  transfer dana, dan sebagainya.

Wholesale banking atau corporate banking adalah kegiatan layanan bank kepada nasabah yang berskala besar. Layanan pada nasabah yang besar (biasanya perusahaan-perusahaan besar) dibedakan dengan layanan kepada individu.
Retail banking atau consumer banking adalah kegiatan layanan bank kepada nasabah kecil dan menengah.      ATM adalah salah satu contoh layanan bank kepada nasabah berskala kecil dan menengah.
Private banking adalah kegiatan layanan bank kepada nasabah terkemuka dan orang-orang kaya yang lebih menyukai layanan secara khusus dari bank.

REVITALISASI KESULTANAN BANTEN


REVITALISASI KESULTANAN BANTEN
(Menghadapi Arus Modernisasi dan Globalisasi)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kesultanan Banten, sama sekali tidak bisa terhapus dari hamparan sejarah dunia. Ia ada tanpa dapat terbendung karena ia mengalir bersama dahsyatnya gelombang sejarah. Lalu sejarah pula yang menghendaki, Kesultanan Banten secara fisik dan politik lenyap, tetapi tidak secara moral, emosional, dan kultural. Lenyapnya Kesultan Banten secara fisik dan politik disebabkan oleh ulah tangan-tangan kaum yang, kata sejarah, orang Banten mengutuknya. Meskipun demikian, fisik kesultanan Banten dengan segala simbolnya, kearifan para sultan, kepahlawanan mereka, dan kegagahan mereka, termasuk istana surosowan, kaibon, tirtayasa, dan pelabuhan Banten (Karangantu), masih tetap melekat dibenak orang Banten. Seperti apa semua itu, sebetulnya ada dan tergambar dibenak orang Banten.
Demikain pula orang-orang Banten yang terusir, sultan, pangenan, dan para pejuang, di buang ke negeri nan jauh sekalipun, bagi mereka sampai anak cucu dan keturunan meraka, bayang-bayang Kesultan Banten selalu mentas dalam benak mereka. Pageran Abdullah, Sultan Safiudin, dan lain-lain, serta para pejuang Geger Cilegon, diusir dan dibuang ketempat-tempat yang pada masanya amat sangat jauh. Kini anak cucu keturunan mereka terpanggil oleh Banten tempat leluhur mereka.
Orang Banten yang melihat puing-puing bekas kota, istana, pasar, masjid, pelabuhan dan sebagainya, menyimpulkan bahwa KesultananBanten itu besar, dan menyimpulkan pula bahwa kehancuranya  senggaja dilakukan oleh orang-orang atau bangsa serakah. Dihancukannya Surosowan, bukan hanya target penghancuran kota, tetapi juga penghancuran struktur dan tatanan sebuah negeri yang punya kepribaian. Para sultan itu lantas berketurunan, tetapi dengan lenyapnya pranata geniologis yang lagi-lagi disegaja oleh orang-orang serakah, siapa keturunan sultan, siapa keterunan orang-orang kepercayaan sultan, menjadi tidak jelas atau bahkan diperebutkan dan diributkan.
Tetapi sisi penting, ternyata Kesultanan Banten itu mempunyai daya dan kekuatan bathin yang menjadi spirit perjalanan sejarah orang Banten. Terusirnya para sultan dan pangeran serta para pejuang Banten, menyulut semangat juang orang Banten yang bukan sajaingin mempertahankan negerinya tetapi sekaligus juga melawan bangsa pelakunya. Kejayaan KesultananBanten yang berdaulat, kuat dalam politik, ekonomi, dan militernya, serta menjadi pusat ilmu pengetahuan, seni , dan teknologi pada jamannya, menjadi spirit bagi orang Banten untuk maju mengembalikan citra kejayaan itu. Puing-puing peninggalan kesultanan sebagai akibat pengrusakan dan penghancuran, juga menjadi spirit kepenasaran orang Banten, seperti apa gagahnya bangunan itu. Spirit-spirit itulah yang menandai perjalan sejarah dan dinamika kehidupan orang Banten.
Seorang sejarawan, Sartono Kartodirdjo meyebutkan bahwa hampir sepanjang abad ke-19, di Banten, tiada hari yang sepi dari pemberontakan rakyat melawan penjajah yang menghancurkanKesultanan Banten. Perlawanan tersebut hampir seluruhnya dipimpin oleh para Kiyai dan “bekas” pemimpin (pembesar) Kesultanan Banten. Bahkan dikatakan bahwa perisiwa Geger Cilegon tahun 1888, salah satu pemicunya adalah kemarahan rakyat atas kehancuran Kesultanan Banten. Lalu timbul pula spirit kemerdekaan bersama-sama dengan “bekas” kerajaan di Nusantara.
Perjuangan rakyat Banten untuk menjadi provinsi yang terjadi sejak tahun lima puluhan dan berhasil pada tahun 2000 (memasuki abad ke-21), spirit utamanya adalah Banten yang punya sejarah jaya dizaman kesultanan. Betapa nyaring suara orang Banten, dengan menggenggam spirit Kesultan Banten, hendak merubah nasib melalui pembentukan provinsi sebagai daerah otonom selevel provinsi.
Gerak dinamis bidang pendidikan, sosial, ekonomi, dan budaya, adalah juga terjadi karena spriti Kesultan Banten sebagai pusat ilmupengetahuan, seni , ekonomi, dan budaya, disamping spirit-spirit lainya, yaitu kesadaran masyarakat akan posisi wilayahnya. Demikian pula pada dinamika pada bidang-bidang lain.
Berdasarkan fakta tersebut, efektifitas spirit Kesultan Banten adalah hal yang amat penting. Apalagi menghadapi arus modernisasi dan globalisai sekarang ini, meskipun sesungguhnya Kesultan Banten dulu juga sudah modern dan global. Salah satu upaya efektifitasnya adalah revitalisasi Kesultanan Banten, sebab menjadikan Kesulatan Banten sebagai spirit membangun kini dan nanti, diperlukan jati diri dan kepribadian (personaliti). Seperti apa jati diri yang dibangun itu, sebetulnya itulah yang dimaksud dengan revitaslisasi. Bentuk kongkritnya seperti apa, harus dirumuskan dengan sebaik-baiknya oleh forum khusus orang-orang yang punya gereget.




Terima kasih, Mohon Ma’af
Wassalamualaikum Wr. WB

TTD

Prof. Dr. H.M.A. Tihami, M.A. MM.






Disampaikan sebagai Keynote Speech padaSeminar Internasional Sejarah Banten, Hotel Sari Kuring Indah Cilegon Banten, Selasa 12 Juni 2012.



Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an

Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an

SENI BACA AL-QUR’AN

( Refleksi: Dalam Kaitan Gebyar MTQ Di S. Utara Tahun 2011 )
Drs. Khairul Akmal Rangkuti
Firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra’: 9:
إِنَّ هَـذَا الْقُرْآنَ يِهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْراً كَبِيراً
Sesungguhnya Al Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar“.
Membaca Al-Qur’an dengan suara yang indah tentu dambaan setiap muslim. Namun, keindahan itu tentu tidak akan sempurna (atau bahkan berdosa) apabila membaca Al-Qur’an tidak sesuai dengan kaidah bacaannya (ilmu tajwid). Lagu (Nagham) sebagai salah satu komponen penghias Tilawah Al-Quran pun demikian, harus tetap menjaga bacaan sesuai dengan ilmu membaca Al-Qur’an ( dalam hal ini adalah ilmu Tajwid ). Dalam ilmu Tajwid sudah diatur bagaimana menyebut masing-masing huruf yang ada, hukum panjang dan pendek, bacaan yang harus berdengung, hukum izhar, idgham, iqlab, ikhfa’,  dan hukum-hukum lainnya. Dalam membaca Al-Qur’an dapat dilakukan dengan jahr (suara keras), sirr (lirih), atau di baca dalam hati.
Dalam Al-Qur’an disebutkan, membacanya haruslah dengan tartil, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Muzzammil ayat 4: ……. وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلاً (Dan bacalah Al Qur'an itu dengan perlahan-lahan  ).
Pengertian membaca dengan perlahan-lahan dapat dipahami dengan cara mujawwad dan tartil. Dalam hal ini setidak-tidaknya mencakup enam unsur, yakni : bagus bacaannya, bagus tajwidnya, bagus suaranya, bagus lagu dan variasinya, bagus pengaturan nafasnya, serta bagus mimik wajahnya (sesuai dengan makna ayat yang dibaca).
Lalu, makna tartil itu sendiri apa?. Sayyidina ‘Ali Karramallahu Wajhah menjelaskan sebagai berikut : Attartiilu huwa tajwiidul huruf wa ma’rifatul wuquf, “ Tartil adalah membaguskan huruf-huruf dan mengerti tentang tempat berhentinya bacaan”. Ada poin penting yang perlu digaris bawahi dari pengertian yang disampaikan oleh Sayyidina ‘Ali RA tersebut, “membaguskan huruf”. Keindahan bacaan huruf Al-Qur’an hendaknya dijaga, bila tidak, kemungkinan besar akan merusak makna ayat yang dibaca. Tersirat juga dalam “membaguskan huruf” ini hendaknya kita menjaga agar tidak merusak makna Al-Qur’an, karena apa yang kita baca didengar oleh Allah dan orang-orang mukmin di sekitar kita. Dari sini akhirnya muncul unsur suara. Tidak heran kalau Rasulullah bersabda, artinya :
“Hiasilah Al-Qur’an dengan suaramu karena suara yang merdu menambah keindahan Al-Qur’an” (HR Ad Darimi).
Dari Al Barra’ bin ‘Azib RA, ia berkata : telah bersabda Rasulullah SAW :Artinya :”Hiasilah Al Quran dengan suaramu” (HR Abu Dawud, An Nasa’i dan lain-lainnya).
Disini Jelaslah bahwa Al-Qur’an dan Hadist sangat menganjurkan agar Al-Qur’an dibaca dengan bacaan yang bagus, bahkan dengan suara yang merdu karena dengan begitu akan menambah nilai keindahan Al-Qur’an. Suara yang bagus sudah tentu tidak lepas dengan irama yang indah. Nabi Muhammad Bersabda, Artinya : “Bukanlah termasuk golonganku orang yang tidak melagukan Al-Qur’an. “Bacalah Al Quran dengan luhun (lagu) dan bentuk suara Arab” (HR Imam Malik dala kitabnya Al Muwatttha’ dan Imam Nasa’i dalam sunannya, dari Abu Hudzaifah).
Hal ini diperkuat dengan firman Allah dalam surat Al-A’raf ayat 204 :
وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُواْ لَهُ وَأَنصِتُواْ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
Dan apabila dibacakan Al-Qur'an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat”.
Dapat kita rasakan, betapa kita tidak akan merasa nyaman apabila Al-Qur’an yang dibaca oleh seseorang tidak memenuhi ketentuan bacaan yang benar, lebih-lebih bagi pendengar yang sudah mengetahui hukum bacaan Al-Qur’an.
Orang yang beriman sangat gemar mendengarkan bacaan Al Quran, terpanggil jiwanya untuk memahaminya, dan mengkaji isi Al-Qur’an. Hatinya luluh akan keindahan ayat-ayat Al-Qur’an. Hati yang kasar akan menjadi halus, seperti halnya Umar Ibnu Khattab RA saat beliau mendengarkan bacaan Al-Qur’ an yang dikumandangkan oleh adik kandungnya Fatimah.
Allah SWT dalam firmannya menggambarkan tentang sikap orang yang beriman:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَاناً وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ  الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلاَةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَ  أُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ حَقّاً لَّهُمْ دَرَجَاتٌ عِندَ رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhanlah mereka bertawakkal, (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki (ni`mat) yang mulia. ( Q.S. Al-Anfal: 2-4 ).
Dalam riwayat, banyak sekali diceritakan betapa besar pengaruh bacaan Al-Qur‘an pada masa Rasulullah terhadap hati orang-orang kafir. Tidak jarang hati orang-orang kafir yang pada awalnya keras dan marah kepada Nabi Muhammad SAW. akhrnya berbalik menjadi lunak dan bersedia mengikuti ajaran Al-Qur’an.
Imam Al-Karmany mengatakan bahwa membaguskan suara dalam membaca Al-Qur’an sunnah hukumnya, sepanjang tidak menyalahi kaidah-kaidah Tajwid. Selanjutnya, Imam ibnu Jazari juga menegaskan bahwa bacaan Al-Qur’an yang dapat memukau pendengarnya dan dapat melunakkan hati adalah bacaan Al-Qur’an yang baik, bertajwid, dan berirama merdu. Tetapi, meski gaya lagunya merdu namun tidak memperhatikan Ahkamul huruf, Makharijul huruf, dan Shifatul hurufnya hokum-hukum lainnya, maka hukumnya haram.
Dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dan Imam Baihaqi dinyatakan :
“Bacalah Al Quran dengan lahan Arab (cara membaca yang baik dari pada orang Arab) dan cara-cara mereka dalam menyuarakannya. Jauhilah gaya lagu golongan fasiq dan hati-hatilah dari gaya lagu ahli kitab (Yahudi dan Nashrani). Sesungguhnya nanti akan datang beberapa kaum yang mengulang-ulang bacaan Al-Qur’an hanya karena lagu seperti yang telah dilakukan para rahib (pendeta Yahudi dan Nasrani), seolah-olah mereka bukan membaca Al Quran, apa yang mereka baca tidak membekas pada diri mereka, pengagum-pengagum hanya diselimuti fitnah belaka”.
Penutup Dan Himbauan.
Gebyar MTQ yang dilaksanakan setiap tahunnya ( khususnya di Sumatera Utara ), diharapkan mampu menanamkan semangat kepada ummat islam untuk lebih mencintai Al-Qur’an dan sekaligus berupaya untuk mendalami dan mempelajarinya, baik belajar untuk memperbaiki bacaan maupun belajar untuk mengetahui isi kandungannya.
MTQ yang sudah dilembagakan menjadi tugas Nasional di Republik Indonesia ini, diharapkan tidak semata-mata menjadi tugas rutin belaka, tetapi hendaknya mampu memberikan motivasi bagi segenap masyarakat untuk berupaya menimba ilmu pengetahuan yang ada di dalam Al-Qur’an. Untuk itu, sasarannya tidak hanya tertuju kepada generasi muda islam. Tetapi, juga kepada orang-orang tua, termasuk pejabat setempat sesuai dengan tingkatan dilaksanakannya MTQ tersebut.
Ada tanda tanya besar dibenak penuulis: Apakah pimpinan di suatu Daerah dengan segenap jajarannya yang diwilayahnya dilaksanakan MTQ  sudah memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an ? atau kalau sudah bisa membaca Al-Qur’an, sudah benarkah bacaan mereka ?. Jangan sampai para pejabat seperti papatah yang mengatakan tentang Falsapah Lilin: Dia mampu menerangi sekitarnya, namun dirinya sendiri mengalami kegelapan. Ironi dan sangat menyedihkan.
Untuk itu pelaksanaan MTQ hendaknya tidak hanya sekedar rutinitas ritual belaka, tetapi jadikan MTQ sebagai momentum untuk lebih giat mendalami dan mempelajari Al-Qur’an.
Himbauan……………..!
Mari terus belajar dan mendalami ilmu-ilmu Al-Qur’an agar Al-Qur’an benar-benar menjadi petunjuk yang menyinari kehidupan kita.
Ingatlah…………..! Orang bijak mengatakan : Seorang muslim yang tidak pandai membaca Al-Qur’an tidak ubahnya seperti orang yang punya perahu tapi patah dayungnya.
( Bila anda berkenan dengat tulisan ini, silakan sampaikan pada teman-teman yang lain, semoga bermanfaat )